Senin, 05 Maret 2012

Syarat Syarat Korek Motor Injection :D

Karakter bikers tanah air, salah satunya demen korek motor. Performa motor keluaran pabrik terasa kurang josss, hehehe…!!! Makanya motor baru pun kena porting, ganti knalpot sampai setting spuyer karbu. Tapiii… itu khusus motor konventional (karburator) sehingga gampang dioprek. Bagaimana jika sudah injeksi…???
Sudah pasti korek motor injeksi tak semudah korek motor karbu. Sebab setelah motor injeksi ganti knalpot freelow serta porting/polish, bukankah semprotan bensin minta lebih banyak…??? Bagaimana caranya…??? Motor injeksi enggak pakai spuyer lagi bro, hehehe…!!!
Jika ingin mendapatkan semprotan bensin lebih banyak, maka harus mengganti ECU/ECM atau memasang piggyback. Lah, apa itu piggyback….???
Menurut info pembuat piggybag V-Ixion,http://speedsparks.blogspot.com/2010/08/piggyback-speedsparks.html. Bahwa secara umum Piggyback  adalah sebuah device atau alat yang mampu untuk memanipulasi data dari sensor elektronik yang terhubung dengan computer (ECU=Electronic Control Unit) motor.
Di pasaran umum terdapat 3 jenis piggyback, yaitu:
1. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), seperti Juice Box, Power Commander, Apexi NEO Fuel Controller, etc. Piggyback seperti ini sering disebut juga dengan Programmable Fuel Controller.
2. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition control), seperti MSD Ignition Timing Control, dll. Piggyback seperti ini sering disebut juga dengan Programmable Ignition Timing Controller.
3. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition control) dan sekaligus injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), seperti Dastek Unichip, Haltech Interceptor, dll
Secara umum piggybag akan mudah dipasang pada teknologi injeksi opened loop (tanpa sensor gas buang). Untuk sistem injeksi closed loop, harus dilepas dulu tuh sensornya.
Sementara infonya itu dulu bro, yang mau menambahkan infonya silahkan ya. Makin seru nih bicara motor injeksi. Thanks buat yang mau menambahkan.
TETAP SEHAT – TETAP SEMANGAT, BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar